Jumat, 11 Juli 2008

” RHINO CAMP ”


Rhino camp merupakan tempat melakukan pengamatan potensi flora fauna yang ada di jalan lintas barat Sanggi – Bengkunat tepatnya di Sukaraja Atas, gerbang masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan oleh RPU-YABI (Rhino Protection Unit Yayasan Badak Indonesia) dan Balai Besar TNBBS, secara administrasi masuk dalam Kabupaten Lampung Barat (berbatasan dengan Kab. Tanggamus).

Potensi yang dapat dijumpai di jalur pengamatan seperti flora ; 514 pohon dan tumbuhan bawah, 126 jenis anggrek, 26 jenis rotan, 15 jenis bambu, bunga Rafflesia sp. dan 2 jenis

bunga bangkai yaitu Amorphophallus titanum dan A.deculsivae, fauna ; 90 jenis mamalia 7 jenis primata, 322 jenis burung, 9 jenis rangkong, 52 herpetofauna (reptil & amphibi), 51 jenis ikan, diantara potensi flora dan fauna yang ada dapat dijumpai langsung, seperti bunga Rafflesia sp, Kantung semar (Nephentes sp), jenis anggrek dan satwa Siamang (Hylobates syndactylus), Rakong (Bucerorhinos undulatus), Kuau (Plectoteron chalcurum), Owa (Hylobates moloch), Kancil (Tragulus napuh), Tarsius (Tarsius bancanus), Cecah (Presbytes melalophos)

Manfaat lain terdapat penginapan yang sederhana dan tempat pertemuan (saung) yang dapat dipergunakan untuk bermalam dan pertemuan, konsep Rhino Camp sangat sederhana. Prosedur untuk memanfaatkan fasilitas di Rhino camp, dapat mencari dan menghubungi RPU-YABI TNBBS, dengan alamat Kantor Balai Besar TNBBS Jl. Ir. Juanda No. 19 Kotaagung Kab. Tanggamus Lampung 35751, Tlp/fax.0722-22054, email: rputnbbs@yahoo.co.id atau bisa ke Kantor Balai Besar TNBBS.

Tidak ada komentar: